Cara Untuk Mencegah Anemia


Jika anda kerap mengalami lemah dan susah berkonstrasi kemungkinan saja anda mulai menderita penyakit anemia, susah berkonsentrasi dan selalu merasakan lemah dapat dialami disebabkan anemia atau tubuh kurang darah. Anemia dapat diakibatkan karena tubuh kurang zat besi dan vitamin B12.

Cara Untuk Mencegah Anemia

Sumber utaman zat besi dan vitamin B12 yang sangat ditamakan yaitu dari asupan makanan. Dengan demikian, cara menghindarinya dengan memenuhi asupan makanan yang berbagai jenis dengan kadar gizi yang seimbang di dalam tubuh.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Agar tubuh terpenuhi oleh zat besi dengan mengkonsumsi jenis makanan-makanan tertentu misalnya kismis, bayam, daging merah, ikan, tiram, tahu, hati, dan kacang-kacangan. Zat besi yang terdapat di dalam tubuh akan tidak bermanfaat jika tidak terserap oleh tubuh dengan maksimal.

Diperlukan kandungan nutrisi lainnya yaitu vitamin C yang bisa mendukung tubuh dalam menghisap zat besi. Jadi, lebih baik mengkonsumsi strawberry, brokoli, jeruk dan sayuran atau buah yang memiliki kandungan tinggi vitamin C.

Jangan Minum Kopi atau Teh Saat Makan

Kopi dan teh merupakan jenis minuman yang bisa menghambat tubuh dalam menghisap zat besi sehingga harus dihindari saat makan. Sebaik mnium teh atau kopi 2 jam sebelum atau sesudah makan untuk mencegah kehilangan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Tubuh juga membutuhkan vitamin B12 yang dapat ditemukan di dalam susu, ikan, daging, unggas, telur, tiram, dan hati sapi. Bukan itu saja, sereal dan ragi pun memiliki kandungan vitamin B12.

Mengkonsumsi Bayam Sebagai Sumber Zat Besi

Bayam merupakan jenis sayuran yang dapat mendukung tubuh untuk menghindari penyakit anemia. Bayam memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang kompleks yaitu serat, beta karoten, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B9, dan vitamin A. Bayam juga dapat mendukung tubuh dalam menghasilkan darah.

Yakinkan anda mengkonsumsi makanan dengan cara berbagai macam. Makanan yang beraneka macam dam mempunyai gizi seimbang bisa mencegah timbulnya anemia. Melakukan diet ketat pun adalah suatu penyebab resiko yang menimbulkan penyakit anemia.

Wanita atau ibu hamil biasanya mudah terserang penyakit ini, khususnya ketika mereka haid. Maka dari itu, mereka wajib lebih teliti dalam melindungi kesehatan tubuhnya dengan cara mencukupi kebutuhan makanan-makanan yang sudah dijelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *