Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Bagi Tubuh


Semua orang pasti menyukai makanan cepat saji karena tidak membutuhkan waktu penyajian yang lama, mudah dibuat, instan, dan tergolong murah. Namun tahukah Anda potensi bahaya yang dapat ditimbulkan makanan cepat saji bagi kesehatan tubuh Anda?

Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Bagi Tubuh

Makanan siap saji ini antara lain yaitu mie instan, snack, abon sapi, biskuit, keju, pizza, keripik, sosis, nugget, dan kue kering yang mengandung bahan bahan campuran yang bersifat karsinogenik dan adiktif. Berikut ini ada beberapa ancaman bahaya makanan siap saji untuk kesehatan, yaitu :

Menurunnya Kemampuan Otak
Ancaman makanan siap saji lebih mengarah pada kandungan bahan pewarna dna pengawet yang terdapat di dalam makanan tersebut. Bahan pengawet akan menumpuk dan membangun kristal di tubuh yang lama kelamaan terbawa melewati peredaran darah ke selaput otak sehingga menyebabkan penurunan dalam berkonsentrasi dan pengurangan daya tangkap dan kecerdasan.

Berpotensi Memicu Pertumbuhan Sel Kanker
Pada umumnya seluruh jenis makanan ini menggunakan Monosodium Glutamate (MSG) bertujuan supaya makanan tersebut memiliki citarasa yang lebih lezat dan gurih. Tetapi ancaman makanan ini yang memakai jumlah MSG berlebihan justru menimbulkan masalah pada sel sel sehat akan menjadi tidak normal dan menyebabkan perkembangan sel kanker, seperti penyakit kanker darah (leukimia), kanker usus, dan kanker hati.

Peningkatan Kadar Gula Darah
Makanan siap saji memiliki kandungan gula yang cukup meningkat yang bertujuan untuk menyeimbangkan rasa supaya tetap nikmat. Jenis makanan siap saji yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang meningkat yaitu seperti roti, kue kering, dan biskuit yang bisa menimbulkan kadar gula di dalam darah bertambah tinggi. Hal ini beresiko tinggi timbulnya penyakit diabetes tipe 2.

Resiko Peningkatan Tekanan Darah atau Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Ancaman makanan siap saji yang sangat sering dialami yaitu meningkatnya tekanan darah. Makanan ini memiliki kandungan garam nitrat dan nitrit, sodium, dan MSG yang dapat bercampur masuk ke dalam jaringan tubuh dan menghambat bahkan memperkecil aliran darah di pembuluh arteri yang pada akhirnya menimbulkan terjadinya penyakit darah tinggi (hipertensi).

Masalah Pada Sistem Pencernaan
Bahan pengawet yang memiliki sifat adiktif yang mengancam apabila menempel di usus akan menimbulkan usus menjadi nempel dan luka dengan usus yang lain. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan usus dan lambung yang harus ditangani oleh dokter.

Demikianlah penjelasan beberapa ancaman makanan siap saji, jika anda sudah mengetahui ancaman tersebut maka sejak dini harus membatasi untuk mengkonsumsi makanan siap saji dan utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindarnya dari serangan macam penyakit yang berbahaya.