Manfaat Mengkonsumsi Daun Sirsak Untuk Diet


Berat badan adalah salah satu yang paling sensitif, terutama bagi perempuan karena dapat menurunkan kepercayaan diri mereka. Berbagai cara dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan seperti berolahraga, senam, fitness, berpuasa, makan dalam porsi yang sedikit dan lain lain.

Tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu manfaat dari daun sirsak yang lain. Nah rupanya salah satunya adalah manfaat daun sirsak untuk diet yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami dan mengusir lemak jahat yang berbahaya dari dalam tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Daun Sirsak Untuk Diet

Kandungan yang ada di dalam daun sirsak, seperti asam linoleat, annocatain, anonol, acetogenis, annocatalin, gigentetronin, annomuricin, calcrounin, murincapentocin, dan banyak lagi. Kandungan dalam daun sirsak sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sehingga mendapatkan berat badan yang ideal, tubuh yang sehat dan kuat serta tidak mudah sakit.

Manfaat daun sirsak untuk diet ini paling terasa adalah mampu menahan rasa lapar sehingga tubuh kita tidak mendapatkan tambahan berat badan lagi dari makanan yang dikonsumsi. Daun sirsak dapat digunakan sebagai bahan untuk diet dengan cara direbus. Ramuan harus dikonsumsi secara teratur ketika sedang melakukan program diet.

Manfaat konsumsi ramuan daun sirsak dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Pada hari pertama atau kedua mungkin efek ini belum begitu terasa tapi setelah mengkonsumsi rutin akan merasa lapar yang tiba-tiba menghilang dan terasa lebih nyaman saat diet.

Selain dapat mengurangi nafsu makan dan membantu Anda diet, daun sirsak juga mampu mengatasi rasa sakit dan kelelahan yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes atau gula darah dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak akan mudah sakit.

Secara umum, diet adalah pengaturan pola dan menu makanan asupan lebih terorganisir dan lebih pas untuk tubuh. sehingga tidak ada hal seperti diet instan karena pasti akan membuat tubuh sakit. Pemilihan makanan yang akan dikonsumsi sangat menentukan hasil dari diet. Nah, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki dan diet sehat.

Itulah tips diet dengan mengambil manfaat mengkonsumsi daun sirsak untuk diet yang alami dan bebas dari efek samping berbahaya bagi kesehatan. Selain itu daun sirsak juga dapat menjauhkan Anda dari penyakit kronis seperti stroke, kanker, jantung, dan diabetes.

Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Bagi Tubuh


Semua orang pasti menyukai makanan cepat saji karena tidak membutuhkan waktu penyajian yang lama, mudah dibuat, instan, dan tergolong murah. Namun tahukah Anda potensi bahaya yang dapat ditimbulkan makanan cepat saji bagi kesehatan tubuh Anda?

Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Bagi Tubuh

Makanan siap saji ini antara lain yaitu mie instan, snack, abon sapi, biskuit, keju, pizza, keripik, sosis, nugget, dan kue kering yang mengandung bahan bahan campuran yang bersifat karsinogenik dan adiktif. Berikut ini ada beberapa ancaman bahaya makanan siap saji untuk kesehatan, yaitu :

Menurunnya Kemampuan Otak
Ancaman makanan siap saji lebih mengarah pada kandungan bahan pewarna dna pengawet yang terdapat di dalam makanan tersebut. Bahan pengawet akan menumpuk dan membangun kristal di tubuh yang lama kelamaan terbawa melewati peredaran darah ke selaput otak sehingga menyebabkan penurunan dalam berkonsentrasi dan pengurangan daya tangkap dan kecerdasan.

Berpotensi Memicu Pertumbuhan Sel Kanker
Pada umumnya seluruh jenis makanan ini menggunakan Monosodium Glutamate (MSG) bertujuan supaya makanan tersebut memiliki citarasa yang lebih lezat dan gurih. Tetapi ancaman makanan ini yang memakai jumlah MSG berlebihan justru menimbulkan masalah pada sel sel sehat akan menjadi tidak normal dan menyebabkan perkembangan sel kanker, seperti penyakit kanker darah (leukimia), kanker usus, dan kanker hati.

Peningkatan Kadar Gula Darah
Makanan siap saji memiliki kandungan gula yang cukup meningkat yang bertujuan untuk menyeimbangkan rasa supaya tetap nikmat. Jenis makanan siap saji yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang meningkat yaitu seperti roti, kue kering, dan biskuit yang bisa menimbulkan kadar gula di dalam darah bertambah tinggi. Hal ini beresiko tinggi timbulnya penyakit diabetes tipe 2.

Resiko Peningkatan Tekanan Darah atau Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Ancaman makanan siap saji yang sangat sering dialami yaitu meningkatnya tekanan darah. Makanan ini memiliki kandungan garam nitrat dan nitrit, sodium, dan MSG yang dapat bercampur masuk ke dalam jaringan tubuh dan menghambat bahkan memperkecil aliran darah di pembuluh arteri yang pada akhirnya menimbulkan terjadinya penyakit darah tinggi (hipertensi).

Masalah Pada Sistem Pencernaan
Bahan pengawet yang memiliki sifat adiktif yang mengancam apabila menempel di usus akan menimbulkan usus menjadi nempel dan luka dengan usus yang lain. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan usus dan lambung yang harus ditangani oleh dokter.

Demikianlah penjelasan beberapa ancaman makanan siap saji, jika anda sudah mengetahui ancaman tersebut maka sejak dini harus membatasi untuk mengkonsumsi makanan siap saji dan utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindarnya dari serangan macam penyakit yang berbahaya.

Cara Untuk Mencegah Anemia


Jika anda kerap mengalami lemah dan susah berkonstrasi kemungkinan saja anda mulai menderita penyakit anemia, susah berkonsentrasi dan selalu merasakan lemah dapat dialami disebabkan anemia atau tubuh kurang darah. Anemia dapat diakibatkan karena tubuh kurang zat besi dan vitamin B12.

Cara Untuk Mencegah Anemia

Sumber utaman zat besi dan vitamin B12 yang sangat ditamakan yaitu dari asupan makanan. Dengan demikian, cara menghindarinya dengan memenuhi asupan makanan yang berbagai jenis dengan kadar gizi yang seimbang di dalam tubuh.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Agar tubuh terpenuhi oleh zat besi dengan mengkonsumsi jenis makanan-makanan tertentu misalnya kismis, bayam, daging merah, ikan, tiram, tahu, hati, dan kacang-kacangan. Zat besi yang terdapat di dalam tubuh akan tidak bermanfaat jika tidak terserap oleh tubuh dengan maksimal.

Diperlukan kandungan nutrisi lainnya yaitu vitamin C yang bisa mendukung tubuh dalam menghisap zat besi. Jadi, lebih baik mengkonsumsi strawberry, brokoli, jeruk dan sayuran atau buah yang memiliki kandungan tinggi vitamin C.

Jangan Minum Kopi atau Teh Saat Makan

Kopi dan teh merupakan jenis minuman yang bisa menghambat tubuh dalam menghisap zat besi sehingga harus dihindari saat makan. Sebaik mnium teh atau kopi 2 jam sebelum atau sesudah makan untuk mencegah kehilangan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Tubuh juga membutuhkan vitamin B12 yang dapat ditemukan di dalam susu, ikan, daging, unggas, telur, tiram, dan hati sapi. Bukan itu saja, sereal dan ragi pun memiliki kandungan vitamin B12.

Mengkonsumsi Bayam Sebagai Sumber Zat Besi

Bayam merupakan jenis sayuran yang dapat mendukung tubuh untuk menghindari penyakit anemia. Bayam memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang kompleks yaitu serat, beta karoten, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B9, dan vitamin A. Bayam juga dapat mendukung tubuh dalam menghasilkan darah.

Yakinkan anda mengkonsumsi makanan dengan cara berbagai macam. Makanan yang beraneka macam dam mempunyai gizi seimbang bisa mencegah timbulnya anemia. Melakukan diet ketat pun adalah suatu penyebab resiko yang menimbulkan penyakit anemia.

Wanita atau ibu hamil biasanya mudah terserang penyakit ini, khususnya ketika mereka haid. Maka dari itu, mereka wajib lebih teliti dalam melindungi kesehatan tubuhnya dengan cara mencukupi kebutuhan makanan-makanan yang sudah dijelaskan diatas.

Makanan Penghilang Perut Buncit


Banyak orang terutama kaum laki laki yang sudah berusia diatas 25 tahun memiliki masalah dengan berat badan dan penumpukan lemak di perut yangmenyebabkan perut terlihat buncit. Sehingga banyak yang tidak percaya diri dengan penampilannya karena perutnya yang membesar seperti wanita hamil.

Tentunya kondisi ini disebabkan gaya hidup yang kurang baik dan tidak menjaga asupan makanan sehingga berat badan meningkat dan terjadi penumpukan lemak di perut. Banyak cara dilakukan seperti diet, fitness, olahraga, dan mengkonsumsi suplemen diet untuk menurunkan berat badan.

Nah dalam kesempatan ini akan diulas tentang beberapa makanan penghilang perut buncit yang dapat Anda coba konsumsi dan masukkan ke dalam menu harian Anda. Apa saja makanan tersebut? Mari kita lihat di bawah ini penjelasannya:

Kacang Almond

Kandungan nutrisi dan protein di dalam almond dapat membentuk otot semakin kuat dan kencang, ditambah kandungan vitamin E yang dapat membakar lemak di area perut dengan cepat.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk mengusir penumpukan lemak yang terjadi di perut. Alpukat memiliki kandungan tinggi nutrisi, mineral dan vitamin yang baik dalam melindungi kesehatan tubuh dan perut dengan menyeluruh.

Cuka Apel

Buah apel memliki kandungan serta yang meningkat sehingga memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Jika sudah diolah menjadi cuka apel maka dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak.

Pepaya

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi di dalam buah pepaya adalah nutrisi penting untuk tubuh dalam proses metabolisme dan daya tahan tubuh. Enzim papain dalam buah pepaya dipercata dapat menormalkan sistem pencernaan dan mengikat lemak yang berlebihan, sehingga dapat menghilangkan perut bunci secara alami.

Blue Berry

Mangan yang ada di dalam blue berry merupakan salah satu jenis mineral yang dapat mendukung proses pembakaran lemak dan karbohidrat pada tubuh dan perut. Maka untuk itu, timbunan lemak di area perut dapat segera menurun. Dan buah ini pun berkhasiat dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan menjadikan lemak sebagai energi.

Demikianlah sejumlah makanan sehat yang dapat Anda konsumsi bila ingin mendpaat berat badan yang idel dan perut yang rata. Kondisi ini pastinya pun wajib distabilkan dengan rutin berolahraga dan gaya hidup yang sehat.

Jaga Kesehatan Ginjal Anda


Organ ginjal adalah salah satu bagian dari sistem metabolisme tubuh kita dalam menyaring darah dan membuang racun dalam bentuk urine melalui proses sekresi. Letak sepasang organ ini ada di daerah dekat pinggang dengan sebesar ukuran kepalan tanganĀ  yang memiliki bobot sekitar 180 gram.

Jaga Kesehatan Ginjal Anda

Manusia memiliki dua buah organ ginjal untuk mengatur tekanan darah, menjaga kestabilan asam basa dalam tubuh, pembuatan sel darah merah, mensuplai kalsium untuk tulang, dan membuang racun dalam bentuk urine. Meski kecil tapi fungsinya sangatlah besar dalam metabolisme tubuh manusia.

Berikut ada beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang mudah dilakukan bagi Anda yang tidak ingin ginjalnya mengalami masalah di masa mendatang:

  1. Berhenti Menghirup Asap Rokok dan Minum Alkohol

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring darah dari limbah dan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Rokok dan alkohol berdampak buruk terhadap kualitas darah di dalam manusia karena langsung terserap oleh sistem pencernaan dan pernafasan lalu di angkut oleh darah ke seluruh darah dengan zat zat berbahaya di dalamnya. Hal ini akan membuat tugas ginjal dalam menyaring darah dan membuang limbah semakin berat yang dapat menimbulkan gangguan pada ginjal.

  1. Menjaga Tekanan Darah yang Stabil

Tekanan darah juga berpengaruh terhadap kinerja ginjal terutama tekanan darah yang tinggi. Penting bagi Anda untuk selalu rutin mengecek tekanan darah setiap bulan agar dapat mencegah masalah bagi ginjal Anda, terutama yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Mencukupi Asupan Cairan Tubuh

Tubuh manusia 70% terdiri dari air yang artinya segala sistem di dalam tubuh kita membutuhkan cairan untuk berjalan termasuk ginjal. Dampak dari kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan penyakit pada ginjal seperti batu ginjal dan ginjal menciut.

  1. Menghindari Penggunaan Obat Anti Biotik dan Pain Killer

Zat zat yang terkandung di dalam obat obatan jenis tertentu dapat menyebabkan gangguan pada ginjal apabila diminum dalam jangka waktu yang lama. Minumlah obat tersebut sesekali saja apabila diperlukan dalam kondisi tertentu.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik dan Berolahraga

Ketika tubuh kita melakukan aktivitas fisik dan berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan keringat beserta limbah dan racun di dalamnya. Tubuh yang jarang berkeringat akan lebih sulit untuk membuang limbah dan racun sehingga semakin memberatkan beban kerja ginjal dalam membuang zat zat yang tidak terpakai tersebut.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Menyehatkan

Makanan yang kita santap sehari hari tentu akan mempengaruhi kualitas kesehatan tubuh kita, Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan nutrisi dapat menyehatkan ginjal dan memudahkan kerja ginjal dalam membuang racun dan menyaring darah.

Itulah keenam cara menjaga kesehatan ginjal yang mudah dilakukan bagi Anda untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Kesehatan menjadi sesuatu yang tidak ternilai ketika kondisi tubuh kita sakit, karena ketika sakit kita tidak dapat bekerja dan beraktivitas selain itu harus mengorbankan waktu dan biaya yang tidak sedikit.